Senin, 10 Agustus 2015

Polres Merauke Terus Pantau Pergerakan KNPB

 Hasil gambar untuk HUMAS POLRES MERAUKE

 MERAUKE – Kapolres Merauke, AKBP Sri Satyatama, S.IK, mengungkapkan, pihaknya terus memantau pergerakan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Merauke. Ditegaskan Kapolres, sekecil apapun kegiatan yang tengah dilakukan KNPB wilayah Merauke tentu langsung dibubarkan. 

Demikian ditegaskan Satyatama kepada media ini, Jumat (7/8). Kata Satyatama, pihaknya akan terus memantau pergerakan KNPB Merauke, karena organisasi itu bertentangan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
“Memang kalau ada kumpulan massa maupun kelompok tertentu dari KNPB atau rapat tertutup yang dilakukan, maka sudah pasti polisi mengambil langkah untuk membubarkan,” tegas Satyatama.

Dijelaskan, meskipun ada surat masuk dari KNPB untuk melakukan berbagai kegiatan, Polres Merauke tidak akan memberikan izin. Karena kegiatan KNPB bertentangan dengan hukum NKRI. “Ya betul beberapa hari lalu Ketuanya sempat dimintai keterangan. Kegiatan mereka langsung kami bubarkan. Apalagi rapat tertutup seperti itu dan yang diagendakan bertentangan dengan NKRI, makanya kita bubarkan,” ujarnya.
Diakui jika beberapa hari lalu, Ketua KNPB Wilayah Merauke, Gento Emerikus diamankan dan dibawa ke Polres Merauke, karena melakukan pertemuan secara tertutup. “Kita amankan dan bawa ke Polres sekaligus menjalani proses pemeriksaan. Setelah itu dipulangkan,” ungkap Kapolres.  
Ditambahkan, pihaknya selalu mengedepankan tindakan persuasif dalam menangani persoalan-persoalan yang berhubungan dengan KNPB. “Kita dalam tindakan mengedepankan humanis. Sikap persuasif kepada mereka. Ada perlawanan pun kita hadapi sesuai dengan protap yang kita miliki,” tandasnya. (moe/aj/lo1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar