Senin, 10 Agustus 2015

Hadapi Demonstran Pilkada, Polres Kedepankan Preventif

 Kapolres Merauke, AKBP. Sri Satyatama, S.IK.

 MERAUKE – Aksi unjuk rasa oleh sekelompok masyarakat di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke belakangan ini gencar dilakukan. Aksi tersebut dikuatirkan mengganggu proses dan tahapan Pemilukada 2015 di Kabupaten Merauke.


Menanggapi aksi demonstrasi massa di KPU Kabupaten Merauke, Kapolres Merauke AKBP. Sri Satyatama menegaskan, Kepolisian tetap mengedepankan tindakan preventif atau pencegahan aksi-aksi itu.
Diakui Kapolres, aksi unjuk rasa dapat mengganggu proses dan tahapan Pilkada Kabupaten Merauke. Demikian, sambung Satyatama, sikap kepolisian tetap netral dan menjaga situasi Kamtibmas agar tetap kondusif.

“Intinya kita dari Polri tetap mengedepankan preventif. Kita tetap optimal dalam menjaga situasi Kamtibmas. Kita tetap netral, mengedepankan preventif dan komit menjaga situasi,” tegasnya.

Menurut Kapolres, situasi Kamtibmas menjelang Pilkada memang cukup rentan. Hal tersebut karena ‘tensi’ atau situasi politik yang semakin tinggi. “Menjelang Pemilukada kan biasa tensi politik sudah mulai naik. Tentu kita akan mengedepankan preventif, tindakan pencegahan dan penegakkan hukum,” ujarnya.
Ditambahkan, tindakan penegakan hukum dilakukan apabila situasi Kamtibmas benar-benar terganggu akibat ulah demonstran. “Kita lakukan apabila memang kalau itu harus dilakukan. Kalau mau melakukan aksi harus bersurat dulu ke Polres. Supaya dikawal dan tidak terjadi gangguan kamtibmas,” tandasnya. (moe/aj/lo1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar