Kamis, 13 Agustus 2015

KPU Tidak Tahu Kekayaan Cabup-Cawabup Merauke & KPU Telah Terima Hasil Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon

KPU Tidak Tahu Kekayaan Cabup-Cawabup Merauke  

Antonius Kaize

 MERAUKE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke tidak mengetahui secara detail nilai nominal harta kekayaan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Merauke, yakni pasangan Romanus Mbaraka-Sugiyanto, dan pasangan Frederikus Gebze-Sularso. 

“Kami tidak tahu tentang kekayaan bakal calon entah itu barang bergerak maupun tidak bergerak. KPU sebagai penyelenggara Pilkada, hanya mendapatkan tanda terima sebagai bukti bahwa para bakal calon sudah melaporkan semua harta kekayaan mereka ke Komisi Pemberantasan Korupsi,” terang Ketua KPU Kabupaten Merauke, Antonius Kaize, Kamis (13/8). 

Kata Anton, tidak ada batasan berapa nilai kekayaan yang dimiliki bakal calon. Tetapi yang jelasnya, yang lebih mengetahui adalah KPK. “Disini, KPU hanya menerima bukti bahwa masing-masing bakal calon, telah melaporkan secara resmi hasil kekayaan kepada KPK,” tandasnya.
Sebagai warga negara dan pejabat publik, demikian Anton, bakal calon telah melapor kekayaan secara resmi. Dan, KPU juga tidak mempunyai kewenangan mengetahui jumlah kekayaan mereka. “Intinya, kami hanya menerima tanda terima bahwa  telah dilaporkan,” ujarnya.
Ditambahkan, untuk mengetahui bagaimana laporan yang diisi, tentu telah ada formulir dari KPK. Jelasnya, saran dia, agar dilihat langsung di webside KPK. “Itu saja yang bisa saya jelaskan kepada rekan-rekan untuk dapat ditulis sekaligus dipublikasikan, sehingga masyarakat luas ikut mengetahui,” katanya. (moe/aj/lo1)
 

KPU Telah Terima Hasil Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon

MERAUKE – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke, Antonius Kaize mengatakan, pihaknya telah menerima hasil pemeriksaan kesehatan Bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Merauke, Romanus Mbaraka-Sugiyanto, dan Frederikus Gebze-Sularso dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat.
“Betul bahwa hasil pemeriksaan kesehatan dua bakal calon, telah kami terima tanggal 4 Agustus 2015 lalu dan dari hasil yang ada, pasangan bakal calon dinyatakan dalam keadaan sehat,” terang Antonius, Kamis, (13/8).

Dijelaskan, dua pasang bakal calon tersebut menjalani pemeriksaan kesehatan selama beberapa hari di RSUD Merauke. Pemeriksaan langsung ditangani sebelas tim dokter ahli. Hasil pemeriksaan kesehatan tersebut telah diterima oleh KPU Kabupaten Merauke.
Anton menambahkan, sesuai rencana juga, pada tanggal 24 Agustus 2015, akan dilakukan penetapan Romanus-Sugiyanto dan Fredy-Sularso menjadi Calon Bupati- Calon Wakil Bupati Kabupaten Merauke. Kedua pasangan calon itu siap bertarung dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 9 Desember mendatang.  Dua hari setelah ditetapkan sebagai pasangan calon, tambah Anton, akan dilanjutkan dengan penarikan nomor undian para calon. “Kita akan mengetahui pasti siapa yang nomor satu atau dua, setelah penarikan dilakukan. Dari situ dilanjutkan dengan pelaksanaan kampanye yang akan diatur ,” katanya. (moe/aj/lo1)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar